Isi Artikel Utama
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan (1) karakteristik, (2) kevalidan dan (3) keefektifan media pembelajaran BIMA PANDAWA. Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV SDN Sriwedari 1 & 2. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and development. Desain penelitian yang digunakan merupakan modifikasi dari langkah Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukan media pembelajaran BIMA PANDAWA valid, layak, dan efektif digunakan. Hal ini dibuktikan dari hasil kevalidan yang dinilai oleh validasi ahli untuk media pembelajaran dari aspek materi 90% (sangat valid), validasi untuk media dari aspek desain mendapat skor 87,2 % (sangat valid) dan validasi perangkat pendukung pembelajaran mendapatkan skor rata – rata 90% (sangat valid). Hasil analisis uji Anova posttest pada kelas eksperimen dan kontrol memiliki sig. 0,002 < 0,05 sehingga terdapat perbedaan yang siginfikan. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi atau masukan bagi perkembangan ilmu pendidikan, dan menambah kajian ilmu pengetahuan khususnya dalam pembelajaran Wayang Pandhawa.
Kata Kunci
Rincian Artikel
References
- Borg, W.R, dan Gall, M. . (1989). Educational Research: An Introduction, Fifthy Edition. New York: Longman.
- Daniswara, R. (2011). Jago Bermain Biliar. Sleman: Second Hope.
- Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
- Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif : Teori Jean Piaget. 3, 27–38. https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/intel/article/view/197/178
- Luthfi, A. I., Danial, M., & M, M. W. (2016). Perbandingan Metode Pemberian Tugas Kerja Kelompok dengan Kerja Individu pada Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI MIA SMAN 1 Tondong Tallasa Kab . Pangkep ( Studi pada Materi Pokok Termokimia ). 58–66. https://ojs.unm.ac.id/chemica/article/view/4570
- Marchamah. (2009). Olahraga Biliar. Semarang: CV Aneka Ilmu.
- Rahayu, A. M. (2011). Bahasa Jawa sebagai Media Komunikasi Keluarga Jawa Masa Kini. https://core.ac.uk/download/pdf/11728299.pdf
- Siregar, N. M., & Sukur, A. (2015). Penerapan Permainan Kelompok Untuk Meningkatkan Disiplin Siswa-Siswi Kelas VIII-1 Mts Nurussaadah. 178–191. http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/SNPJ/article/view/1001
- Syarifuddin, K. (2018). Inovasi Baru Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Sleman: Deepublish.