Hubungan Antara Sibling Rivarly dengan Kemampuan Penyesuaian Sosial Anak Usia Pra Sekolah Di TK Ulil Albab Mertoyudan
Main Article Content
Abstract
Permasalahan dalam penelitian adalah bahwa subjek penelitian yaitu salahsatu keluarga yang mempunyai kasus munculnya perilaku sibling rivalry pada kakak dan adik, sering terjadi perselisihan diantara kakak dan adik. Orang tua berusaha memberikan pengasuhan yang sesuai dengan karakteristik anak untuk mengurangi terjadinya perilaku sibling rivalry. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu Ada tidaknya hubungan antara sibling rivalry dengan kemampuan penyesuaian sosial anak usia pra sekolah di TK ULIL ALBAB Mertoyudan Magelang . Tujuan dari penelitian ini yaitu Diketahuinya hubungan antara sibling rivalry dengan kemampuan penyesuaian sosial anak usia pra sekolah di TK ULIL ALBAB Mertoyudan Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitati dengan desain cross sectional. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan pada tanggal 31 Mei sampai 2 Juni yaitu dengan memberikan kuesioner yang dititipkan ke orang tua responden yang memenuhi kriteria sampel yang diteliti di TK ULIL ALBAB untuk diisi. Hasil penelitian yang didapatkan adalah Karakteristik responden adalah karakteristik sampel penelitian berdasarkanumur, jenis kelamin, posisi anak, dan jumlah saudara. Pada penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden mengalami sibling rivarli rendah 40% dan memilki kemmapuan penyesuaian sosial yang rendah sebesar 50% . hasil uji sttaistik menggunkan uji spearman dengan α= 0,05 diperoleh bahwa ada hubungan yang signifikan antara sibling rivarli dengan kemampuan penyesuaian sosial dengan nilai p=0.000. berdasarka hasil penelitian ini sekolah dapat memberikan perhatian lebih dalam melakukan pendekatan konseling dalam membatu anak melakukan penyesuian sosial khususnya pada anak yang mengalami sibling rivarly serta melakukan pendekatan langsung kepada orang tua anak untuk mengurangi dan mengatasisibling rivarly.