Main Article Content

Abstract





Makanan menjadi sesuatu hal yang menarik dan menjanjikan untuk ditekuni sebagai bisnis, pekerjaan, kreatifitas dan penelitian. Khususnya usaha makanan ringan dewasa ini berkembang pesat baik usaha yang berskala nasional maupun usaha kecil dan menengah (UMKM). Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji dan menganalisa pengaruh kemasan dan citra merek terhadap keputusan pembelian. Setting penelitian diadakan di Usaha Kripik Singkong Ibu Rina, Desa Labuhan Ratu Dua Lampung Timur. Populasi dan sampel penelitian ini yaitu konsumen keripik singkong Ibu Rina. Sampel diperoleh dan diambil dengan teknik cluster sampling dan incidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebarkan kepada sejumlah responden. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dan diuji menggunakan rumus regresi linier berganda dengan bantuan Program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, tetapi citra merek tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian keripik Singkong Ibu Rina. Secara simultan kemasan dan citra merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat praktis dan akademis.





Keywords

Kemasan Citra Merek Keputusan Pembelian Marketing Management

Article Details