Main Article Content
Abstract
Kondisi perbankan Indonesia dewasa ini semakin berkembang dan menunjukkan tingkat persaingan yang dapat di lihat dari berdirinya bank- bank swasta, baik lokal maupun penanaman modal asing. Kondisi yang seperti ini, mendorong pihak perusahaan khususnya perbankan untuk menarik nasabah sebanyak-banyaknya dengan meningkatkan kualitas baik dari segi pelayanan, hadiah, produk, bunga, sampai dengan pemamfaatan teknologi yang semakin berkembang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi strategi pemasaran di PT BPR MCM serta faktor yang menjadi penghambat dan pendukung strategi juga dampaknya pada kinerja perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Unit analisis berfokus yang berasa dalam lingkup internal perusahaan. Informan dalam penelitian ini adalah karyawan bag. Pemasaran yang dianggap paling menguasai topik. Teknik penggalian data menggunakan wawancara semi terstruktur dengan kredibilitas penelitian menggunakan triangulasi sumber dan membercheck. Pada penelitian ini PT. BPR MCM mengimplementasikan pemasaran jasa yaitu menggunakan 7P 1C yang terdiri dari product, place, price, promotion, people, process, physical evidence, dan customer service. Penerapan pemasaran jasa pada produk PT. BPR MCM berhasil dengan dibuktikanya peningkatan jumlah nasabah dan jumlah dana yang dikeluarkan setiap tahunnya.