Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan rawat jalan di RS “X”. Sebagai kontributor terbesar GDP di Indonesia, sektor kesehatan menjadi salah satu industri yang patut diperhatikan. Kebutuhan akan fasilitas kesehatan di masa pandemi diikuti oleh harapan bahwa fasilitas kesehatan tersebut akan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survei. Responden adalah pasien rawat jalan RS “X” pada Bulan April 2022. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel diambil pada bulan April berjumlah 135 orang. Penilaian dengan menggunakan instrumen berupa kuesioner. Data dianalisis dengan metode Importance-Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keseluruhan dimensi mutu pelayanan, mulai dari penampilan (tangibles), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsiveness), keyakinan (assurance), dan empati (empathy) diperoleh hasil yang memuaskan, dengan rata-rata tingkat kesesuaian 96,42% diatas standar yang ditetapkan oleh Manajemen Rumah Sakit.

Keywords

Patient Satisfaction Service Quality Importance-Performance Analysis

Article Details