Main Article Content

Abstract

Desa wisata, saat ini sedang banyak berkembang di Kabupaten Gresik. Kekayaan alam yang terbentang antar desa, memiliki keunikan dan kekhasan tersendiri. Desa Wisata lontar Sewu di Desa Hendrosari Kabupaten Gresik, adalah Desa wisata dengan memanfaatkan potensi alam berupa pohon lontar yang melimpah didaerah tersebut. Selain Desa Wisata Lontar Sewu yang mengandalkan keindahan alam, ada juga wisata alam Desa serupa yang sedang berkembang di Kabupaten Gresik, antara lain: Wisata Alam Gosari (WAGOS), Wisata Selo Tirto Giri (SETIGI), Hutan Mangrove dsb, sehingga diperlukan strategi ynag unggul ditengah persaingan antar Desa Wisata tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi yang digunakan dalam mencapai keunggulan bersaing di Desa Wisata Lontar Sewu, Desa Hendrosari, Kabupaten Gresik. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk mencapai keunggulan bersaing, Desa Wisata Lontar Sewu Desa Hendrosari Kabupaten Gresik, menggunakan strategi fungsional berupa pengembangan pasar dengan skema penetration pricing stratetgy untuk mendapatkan pangsa pasar dengan harga rendah agar dapat mendominasi daya tarik wisata, ditengah persaingan Desa Wisata yang ada di Kabupaten Gresik.

Keywords

Implementasi Strategi Keunggulan bersaing Desa Wisata Lontar Sewu

Article Details