Main Article Content

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi terjadinya peningkatan nilai transaksi onine selama tiga tahun terakhir. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh kualitas produk, ulasan konsumen, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan yang dimediasi keputusan pembelian. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 120 responden, teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Dalam penentuan sampel penelitian ini terdapat kriteria yaitu pengguna e-commerce Tokopedia yang telah bertransaksi minimal 2 kali. Hasil penelitian yang menerangkan adanya pengaruh terhadap variabel keputusan pembelian menunjukkan hasil bahwa kualitas produk, ulasan konsumen, dan citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selanjutnya untuk hasil penelitian yang menerangkan adanya pengaruh terhadap variabel kepuasan pelanggan menunjukkan hasil bahwa yaitu kualitas produk, citra merek, dan keputusan pembelian berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, namun untuk Ulasan Konsumen tidak berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Sedangkan untuk uji sobel yang telah dilakukan menunjukkan bahwa variabel keputusan pembelian memediasi pengaruh 3 variabel yaitu kualitas produk, Ulasan Konsumen, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan.

Keywords

Kualitas produk Ulasan Konsumen Citra Merek Kepuasan Pelanggan Keputusan Pembelian

Article Details

References

    Afnina, & Hastuti Yulia. (2018). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Afnina Yulia Hastuti. 9.
    Aghitsni, W. I., & Busyra, N. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kendaraan Bermotor Di Kota Bogor. Jimea , 6(3), 2022.
    Amelia, I. R., & Mahfudz. (2022). Pengaruh Review Pelanggan Dan Acara Pemasaran Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Impulse Buying Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 11(1). Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Index
    Annisawati, A. A., & Sitorus, C. M. (2022). Pengaruh Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pestisida Di Pt Perusahaan Perdagangan Indonesia Cabang Bandung. Jurnal Bisnis Dan Pemasaran.
    Arbaini, P., Wahab, Z., & Widiyanti, M. (2020). Pengaruh Consumer Online Rating Dan Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pengguna Marketplace Tokopedia. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 7(1), 25–33. Http://Jurnal.Unmer.Ac.Id/Index.Php/Jbm
    Budiarno, Udayana, I. B. N., & Lukitaningsih, A. (2022). Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan Dalam Membentuk Loyalitas Pelanggan. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 02. Https://Journal.Uniku.Ac.Id/Index.Php/Equilibrium
    Budiono, A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Promosi, Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian. 17, 2. Https://Doi.Org/10.25134/Equi.V17i02
    Hermawan, A., Hidayah, N., & Utami, S. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Green Marketing, dan Experiential Marketing terhadap Keputusan Pembelian (Studi Empiris pada Konsumen Kopi Lawoek Temanggung). Borobudur Management Review, 3(1), 46–61.
    Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i1.6817
    Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Jumlah Kunjungan Pada Situs E-Commerce Di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191. Https://Doi.Org/10.31445/Jskm.2021.4389
    Mardikaningsih, R. (2019). Pengaruh Persepsi Kualitas Dan Persepsi Resiko Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula. In Syariah (Ekuitas) (Vol. 1, Issue 1).
    Masfufah, N., & Sebiantoro, U. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Kepuasan Konsumen. Forum Ekonomi, 23(4), 765–772. Http://Journal.Feb.Unmul.Ac.Id/Index.Php/Forumekonomi
    Melati, R. S., & Dwijayanti, R. (2020). Pengaruh Harga Dan Online Consumer Review Terhadap Keputusan Pembelian Case Handphone Pada Marketplace Shopee (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (Jptn), 8. Https://Forms.Gle/T44jvkgvk6xaizwi8.
    Ningtias, R. P. A., Supardi, & Sari, D. K. (2023). Anteseden Keputusan Pembelian Di E-Commerce Shopee : Online Customer Review, Customer Rating Dan Brand Ambassador Korea. Https://Sdgs.Un.Org/Goals/Goal12
    Paludi, S., & Nurchorimah, S. (2021). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Melalui Keputusan Pembelian Sebagai Intervening. Jurnal Kajian Manajemen Bisnis. Https://Doi.Org/10.24036/Jkmb.11270300
    Pratami, Trianasari, & Atidira R. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Scoopy Pada Pt Mertha Buana Motor Singaraja. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 2.
    Rarung, J., Lumanauw, B., & Mandagie, Y. (2022). Pengaruh Online Customer Review, Online Customer Rating, Dan Customer Trust Terhadap Customer Purchase Decision Fcoffee & Roastery Manado. Jurnal Emba, 10
    Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24–40. https://doi.org/10.31603/bmar.v2i1.6817
    Rizky, I., & Mahfudz, A. (2022). Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Shopee Di Kota Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 11(1). Https://Ejournal3.Undip.Ac.Id/Index.Php/Djom/Index
    Satiawan, A. A., Hamid, R. S., & Maszudi, E. (2023). Pengaruh Content Marketing, Influencer Marketing, Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Konsumen Di Tiktok. Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 09.
    Taluke, D., Lakat, R. S. M., & Sembel, A. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat. Jurnal Spasial, 6(2).
    Tirtayasa, S., Lubis, A. P., & Khair, H. (2021). Keputusan Pembelian: Sebagai Variabel Mediasi Hubungan Kualitas Produk Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen. In Jurnal Inspirasi Bisnis Dan Manajemen (Vol. 5, Issue 1). Http://Jurnal.Unswagati.Ac.Id/Index.Php/Jibm