Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menguji Brand Ambassador sebagai variabel moderasi pada Pengaruh Korean Wave dan Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah konsumen skincare Innisfree sebanyak 180 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuis melalui google form kepada konsumen Innisfree. Metode analisis yang digunakan adalah Software WarpPLS 7.0. Analisis menujukkan bahwa korean wave memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,47, p<0,01). Fanatisme memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,12, p=0,04). Brand ambassador sebagai variabel moderasi memiliki hubungan yang signifikan dengan korean wave (β=-0,17, p<0,01). Sedangkan brand ambassador sebagai variabel moderasi tidak memiliki hubungan yang signifikan dengan fanatisme (β=-0,04, p=0,29). Model relasional di antara variabel memiliki GoF yang baik (APC=0,188, p=0,02; ARS=0,325, p<0,01; AVIF=1,616<5). Hasil ini menunjukkan bahwa Korean Wave berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, dan Fanatisme berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian moderasi yang diperoleh menunjukkan bahwa Brand Ambassador memoderasi hubungan antara Korean Wave terhadap Keputusan Pembelian, dan juga Brand Ambassador tidak memoderasi hubungan antara Fanatisme terhadap Keputusan Pembelian.