Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menguji dan menganalisis pengaruh kualitas pelayanan, kualitas produk, dan gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan di Larissa Aesthetic Center Magelang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan populasi seluruh konsumen Larissa Aesthetic Center di Magelang yang belum diketahui jumlahnya. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner atau angket. Uji analisis data dalam penelitian ini menggunakan Smart-PLS 4.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan, kualitas produk dan gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Kepuasan pelanggan tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kualitas produk tidak berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan, gaya hidup berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan, kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan, dan kepuasan pelanggan tidak dapat memediasi pengaruh gaya hidup terhadap loyalitas pelanggan.

Keywords

Customer Loyalty Service Quality Product Quality Lifestyle Customer Satisfaction

Article Details

References

    Cahyamulia, G. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi, Kualitas Produk Dan Gaya Hidup Terhadap Loyalitas Pelanggan UD Sumber Hasil Sidoarjo. Jurnal Riset Pemasaran Dan Bisnis, 2(1).
    Dewi, I. R., Michel, R. J., & Puspitarini, D. A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Loyalitas Dengan Mediasi Kepuasan Pelanggan Pada Toko Prima Freshmart Cirebon. Jurnal Maneksi (Management Ekonomi Dan Akuntansi), 11(1), 314-321.
    Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (5th ed.). Seri Pustaka Kunci.
    Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 23. BPFE Universitas Diponegoro.
    Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25 edisi 9. Badan Penerbit Undip.
    Ghozali, I. (2021). Partial Least Squares Konsep, Teknik, dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.2.9 Untuk Penelitian Empiris. Universitas Diponegoro.
    Gunawan, A., & Amalia, F. (2023). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Manajemen Bisnis, Vol 10 No, 52–68. https://doi.org/10.32812/jmb.v10i1.725
    Hair Jr, J. F., Hult, G. T. M., Ringle, C. M., Sarstedt, M., Danks, N. P., Ray, S., ... & Ray, S. (2021). An introduction to structural equation modeling. Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM) using R: a workbook, 1-29.
    Laksana, A. I. P., & Hirawati, H. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Pada Larissa Aesthetic Cabang Magelang. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis Dan Keuangan, 2(5), 509–522. https://doi.org/10.55047/transekonomika.v2i5.243
    Nur, L. Z., Prihartini, E., & Alviani, R. (2022). Pengaruh Customer Relationship Marketing Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi pada Klinik Kecantikan dr. Amalia Di Sumedang). Entrepreneur : Jurnal Bisnis Manajemen Dan Kewirausahaan, 3(1), 378–390. http://ejournal.unma.ac.id/index.php/entrepreneur
    Rahadi, D. R. (2023). Pengantar Partial Least Squares Structural Equation Model (PLS-SEM) 2023. CV. Lentera Ilmu Madani, Juli, 146.
    Restuti, N., & Kurnia, M. (2022). Pengaruh Harga, Ulasan Produk, Kemudahan Transaksi, Kualitas Informasi dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Secara Online Pada Marketplace Shopee. Borobudur Management Review, 2(1), 24-40.
    Riadi, M. (2021). Loyalitas Konsumen (Pengertian, Karakteristik, Jenis, Tingkatan dan Indikator). Kajianpustaka.Com. https://www.kajianpustaka.com/2021/01/loyalitas-konsumen.html?m=1#google_vignette
    Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D / Sugiyono. Alfabeta.