Main Article Content

Abstract

Perkembangan teknologi internet menandai masuknya era revolusi industri 4.0. Kehadiran internet yang memiliki kemampuan untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah, menjadi peluang baru bagi UMKM untuk memasarkan produknya karena internet telah mengubah aturan dasar pemasaran di dunia yang tradisional menjadi pemasaran digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemasaran digital terhadap penjualan, strategi pemasaran, dan kendala dalam menerapkan pemasaran digital pada pelaku UMKM. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini dimulai dengan serangkaian wawancara kualitatif dengan mengidentifikasi hubungan mereka yang memerlukan pemeriksaan lebih rinci. Wawancara ini dilakukan oleh satu orang yang merupakan pelaku UMKM atau pemilik dari Ferniati Olshop. Dari penelitian ini diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pelaku UMKM yang menerapkan pemasaran digital mendapatkan penjualan yang lebih tinggi. Sehingga pelaku UMKM lebih senang memasarkan produknya secara online. Strategi yang digunakan dalam menerapkan pemasaran digital untuk memasarkan produk adalah dengan menggunakan media sosial seperti Facebook, Instagram, status WhatsApp, dan siaran langsung di Facebook. Hasil juga menunjukkan bahwa tidak hanya manfaat yang dapat diperoleh dari penerapan pemasaran digital, tetapi pelaku UMKM juga sering mengalami kendala dalam penerapannya. Kendala tersebut seperti koneksi internet yang tidak stabil, keterlambatan pengiriman, serta penipuan transaksi dan manipulasi nomor admin. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dalam implementasi pemasaran digital, berpengaruh dalam meningkatkan pemasaran UMKM, serta implementasinya memberikan manfaat dan kendala yang menyertainya.

Keywords

Strategi Digital Marketing UMKM

Article Details

References

    Anandhita, V. H. (2013). Studi Pemilihan Layanan Jasa Pengiriman Oleh Pelaku Bisnis Online Sebagai Sarana Distribusi Produk Menggunakan Strategi Marketing Mix di DKI Jakarta. Jurnal Penelitian Pos Dan Informatika, 3, 1–18. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:65014193
    Azmi Fadhilah, D., & Pratiwi, T. (2021). Strategi Pemasaran Produk UMKM Melalui Penerapan Digital Marketing. Coopetition : Jurnal Ilmiah Manajemen, 12(1), 17–22. https://doi.org/10.32670/coopetition.v12i1.279
    Batu, R. L., Situngkir, T. L., Krisnawati, I., & Halim, S. (2019). Pengaruh Digital Marketing Terhadap Online Purchase Decision. Jurnal Ekonomi & Bisnis, 18(2), 144–152.
    Digdowiseiso, K., & Ria, R. (2023). Pengenalan Digital Marketing Bagi Pelaku Umkm Di Kelurahan Jatisampurna Kota Bekasi. Jurnal Abdimas Bina Bangsa, 4(1), 608–620. https://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/view/452%0Ahttps://www.jabb.lppmbinabangsa.id/index.php/jabb/article/download/452/255
    Fauzi, A. A., & Rahadi, R. A. (2021). Toward a Business Resilience Model: The Case of Sharia Property in Surabaya Raya Area during COVID-19 Pandemic. European Journal of Business and Management Research, 6(4), 252–261. https://doi.org/10.24018/ejbmr.2021.6.4.986
    Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175
    Junaedi, A., Bramasta, R. A., Jaman, U. B., & Ardhiyansyah, A. (2023). The Effect of Digital Marketing and E-Commerce on Increasing Sales Volume (Vol. 1). Atlantis Press International BV. https://doi.org/10.2991/978-94-6463-226-2_12
    Moleong, L. J. (2017). Metode Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosdakarya.
    Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45
    Ruth, E. (2015). Deskripsi Kualitas Layanan Jasa Akses Internet di Indonesia dari Sudut Pandang Penyelenggara. Buletin Pos Dan Telekomunikasi, 11(2), 137. https://doi.org/10.17933/bpostel.2013.110204
    Wardani, C. A., Kurnia, M., & Bachtiar, N. K. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Sosial, Efikasi Diri Dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa. Borobudur Management Review, 3(2)(2), 107–123. https://doi.org/10.31603/bmar.v
    Wisnujati, N. S., Marjuki, M., & Munir, A. R. (2023). Digital Marketing Strategies of MSMEs in Facing Consumption Trends in the New Year. Jurnal Minfo Polgan, 12(2), 2393–2400. https://doi.org/10.33395/jmp.v12i2.13278