Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh strategi pemasaran, khususnya kualitas produk, promosi, dan tempat, terhadap peningkatan kinerja UMKM di Kota Bengkayang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik purposive sampling yaitu dipilih karena peneliti menggunakan pertimbangan sendiri dalam memilih anggota populasi yang dianggap dapat memberikan informasi, dan jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden.  Pendekatan penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan teknik survei melalui kuesioner yang disebarkan kepada para konsumen UMKM di Kota Bengkayang. Data yang terkumpul akan dianalisis menggunakan analisis regresi berganda. Uji kualitas data pada penelitian ini adalah uji validitas Person Correlation, uji reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dan uji goodness of fit (uji f). Untuk uji asumsi klasik menggunakan uji normalitas, uji multikoliniearitas dan uji heteroskedastisitas. Untuk uji hipotesis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu regresi linear berganda, uji t dan koefisian determinasi (uji R2). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel kualitas produk (X1), promosi (X2), tempat (X3) berpengaruh terhadap peningkatan kinerja usaha (Y).

Keywords

Pemasaran Kualitas produk Promosi Tempat Kinerja Usaha Konfirmatori UMKM

Article Details

References

    Maulida, Y.A., & Habiburahman, H. (2022). Analisis Strategi Pemasaran Keripik Pisang Di Era Pandemi Covid-19 (Studi Pada Umkm Keripik Sumber Rezeki). SIBATIK JOURNAL: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.54443/sibatik.v1i4.34
    Gunawan, A., & Ramdani, D. (2023). Analisis Strategi Pemasaran Dalam Meningkatkan Daya Saing Pada Umkm Omah Branded. Jurnal Manajemen, Bisnis Dan Kewirausahaan, 3(1), 39–45. https://doi.org/10.55606/jumbiku.v3i1.1369
    Hair, J. ., Hult, G. T. M., Rigle, C., & Sarstedt, M. (2019). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Sage Publications.
    Kotler, P. (2016). Manajemen Pemasaran. 12 jilid 1.
    Kotler, P., & Kevin, L. K. (2017). Marketing Management (Ke-15). Pearson.
    Kumala, I. R. (2019). Pengaruh 4p Dan Kualitas Layanan Terhadap Kinerja Pt . Eratama Putra Mandiri Banyuwangi. Melalui, Pemasaran Membeli, Motivasi Perusahaan, Agen, 3(September), 106–119.
    Manggu, B., & Beni, S. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i1.1146
    Huda, Nurul dan Aris Munandar. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Network Dalam Meningkatkan Kinerja Umkm Di Masa Pandemi Covid-19. JOURNAL SCIENTIFIC OF MANDALIKA (JSM) e-ISSN 2745-5955 | p-ISSN 2809-0543, 2(9), 470–480. https://doi.org/10.36312/10.36312/vol2iss9pp470-480
    Purwantini, A. H., Hidayati, L. L. A., & Aligarh, F. (2024). The Influence of Organizational Readiness on e-Commerce Adoption and Its Impact on Micro-enterprises Performance. In E3S Web of Conferences (Vol. 500, p. 05001). EDP Sciences.
    Rizaldi, T. L. N. dan D. S. (2023). pengaruh fasilitasi promosi dan pemasaran terhadap usah mikro kecil dan menengah. 4(1), 397–409.
    Siagian, M., Kurniawan, P. H., & Hikmah. (2019). Analisis Faktor Eksternal Dan Internal Terhadap Kinerja Umkm Di Kota Batam. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 2(2), 265–271. https://doi.org/10.36778/jesya.v2i2.107
    Syifa, Y.I., Kurnia Wardani, M., Dewi Rakhkmawati, S., & Evi Dianastiti, F. (2021). Pelatihan Umkm Melalui Digital Marketing Untuk Membantu Pemasaran Produk Pada Masa Covid-19. ABDIPRAJA (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 2(1), 6–13. https://doi.org/10.31002/abdipraja.v2i1.3602
    Suryati, I. (2021). Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Bidang Jasa Atau Pelayanan Laundry. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi, 1(1), 18–30.
    Sudirjo, F. Arief Yanto Rukmana, Hilarius Wandan, & Muhammad Lukman Hakim. (2023). Pengaruh Kapabilitas Pemasaran, Digital Marketing Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran UMKM Di Jawa Barat. Jurnal Bisnisman : Riset Bisnis Dan Manajemen, 5(1), 55–69. https://doi.org/10.52005/bisnisman.v5i1.134
    Tutik, S. (2020). Analisis Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Terhadap Kinerja Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm). Jurnal Bisnis & Akuntansi Unsurya, 5(2), 61–76. https://doi.org/10.35968/jbau.v5i2.430
    Wijayana, F. P., Muhdiyanto, M., & Utami, P. S. (2023). Pengaruh Inklusi Keuangan, Financial Self-Efficacy, dan Faktor Demografi terhadap Kinerja Keuangan UMKM (Studi Empiris pada UMKM Kerajinan Tangan di Kabupaten Temanggung). Borobudur Management Review, 3(1), 1-13.
    Zahrah, A., Mandey, S. L., & Mangantar, M. (2021). Analisis Marketing Mix Terhadap Volume Penjualan Pada UMKM RM. Solideo Kawasan Bahu Mall Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(4), 216–226. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/36216