Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis adanya pengaruh visual merchandising terhadap keputusan pembelian Jiniso di Shopee dengan minat beli sebagai variabel mediasi (studi empiris pengguna Shopee di Magelang). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 105 responden dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan cara menyebarkan kuis melalui google form. Metode analisis yang digunakan adalah software WarpPLS 7.0. Analisis menunjukkan bahwa visual merchandising memiliki pengaruh langsung dengan keputusan pembelian (β=0,46; p<0,01). Visual merchandising berpengaruh langsung dengan minat beli (β=0,56; p<0,01). Minat beli berpengaruh langsung terhadap keputusan pembelian (β=0,68; p<0,01). Sedangkan visual merchandising dengan keputusan pembelian yang dimediasi oleh minat beli memiliki hubungan yang signifikan (β=0,16; p=0,04). Model relasional di antara variabel memiliki GoF yang baik (APC=0,439; p<0,01; ARS=0,396; p<0,01; AVIF=1,319<5). Hasil menunjukkan bahwa Visual Merchandising berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian, Visual Merchandising berpengaruh terhadap Minat Beli, dan Minat Beli berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian. Hasil pengujian mediasi yang diperoleh menunjukkan bahwa Minat Beli memediasi hubungan antara Visual Merchandising terhadap Keputusan Pembelian.

Keywords

Visual Merchandising Minat beli Keputusan pembelian

Article Details