Main Article Content

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis Model Digital Fundraising Lazismu Bangka Belitung dalam menghimpun dana Zakat Infak dan Shadaqah. Keberhasilan lembaga amil zakat bisa terukur dari penghimpunan dana zakat infak dan shadaqah, semakin banyak dana yang diterima maka semakin banyak memberikan manfaat terhadap masyarakat yang membutuhkan. penelitian ini juga mengevaluasi efektivitas strategi digital yang digunakan dalam penggalangan dana, serta untuk mengidentifikasi tantangan dan peluang yang dihadapi dalam implementasinya. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan pendekatan kualitatif, melibatkan wawancara mendalam dengan pengurus Lazismu dan analisis data sekunder dari laporan keuangan dan platform digital yang digunakan di Lazismu Bangka Belitung. Kesimpulan dari penelitian ini adalah Digital Fundraising yang dijalankan oleh Lazismu Bangka Belitung masih belum maksimal di karenakan penggunaanya baru satu tahun dan tidak ada amil yang fokus untuk mengelolanya.

Keywords

Digital Fundraising Lazismu Bangka Belitung Zakat Infak Shadaqah

Article Details

References

    Anisa, F., Dewi, V. S., & Hidayah, N. (2020). How Much Does Islamic Corporate Social Responsibility Affect Zakat Performance? Data Processing Using Eviews. Proceedings of the 1st Borobudur International Symposium on Humanities, Economics and Social Sciences (BIS-HESS 2019), 436, 429–432. Paris, France: Atlantis Press. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200529.089
    BAZNAS RI. (2023). Outlook Zakat Indonesia 2023. In Jurnal Sains dan Seni ITS (Vol. 6).
    Danuri Muhamad. (2019). Perkembangan Dan Transformasi Teknologi Digital. Infokam, 1. Danuri(2), 116–123.
    Hadiono, K., Murti, H., & Santi, R. C. N. (2021). Artikel Transformasi Digital. Proceeding SENDIU, (July), 573–578.
    Heriyanto, H. (2018). Thematic Analysis sebagai Metode Menganalisa Data untuk Penelitian Kualitatif. Anuva, 2(3), 317. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324
    Keimigrasian, U.-U. N. 6 T. 2011 tentang. (2011). Undang-Undang Zakat Nomor 23 Tahun 2011. Phys. Rev. E, 24.
    Menne, F., Hasiara, L. O., Setiawan, A., Palisuri, P., Tenrigau, A. M., Waspada, W., … Nurhilalia, N. (2024). Sharia accounting model in the perspective of financial innovation. Journal of Open Innovation: Technology, Market, and Complexity, 10(1), 100176. https://doi.org/10.1016/j.joitmc.2023.100176
    Mulyono, S. H., Ayuniyyah, Q., & Ibdalsyah, I. (2022). Strategi Digital Fundraising Dalam Penghimpunan Dana Zakat: Studi Kasus Lembaga Amil Zakat Global Zakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8(1), 67. https://doi.org/10.29040/jiei.v8i1.4346
    Muttaqin, Z. (2024). Can Zakat Contribute to Achieving Sustainable Development Goals ? A Case Study on Java Island , Indonesia Dapatkah Zakat Berkontribusi pada Pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan ? Studi Kasus Pulau Jawa , Indonesia. 11(1), 35–53. https://doi.org/10.20473/vol11iss20241pp35-53
    Nugraha, F. (2014). dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. In Metode Penelitian Kualitatif (Vol. 1). Solo.
    Pristi, E. D., & Setiawan, F. (2019). Analisis faktor pendapatan dan religiusitas dalam mempengaruhi minat muzakki dalam membayar zakat profesi. Jurnal Analisis Bisnis Ekonomi, 17(1), 32–43.
    Raco, J. R. (2010). Metode Penelitian Kualitatif Jenis. Karakteristik dan Kegunaannya (1st ed.). Jakarta.
    Rahmatullah, R., & Putra, B. R. (2020). Digital Fundraising Model of Cash Waqf. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(3), 553. https://doi.org/10.29040/jiei.v6i3.1382
    Salsabilla Nurul Saputri, Y. R. P. (2019). Strategi Komunikasi Organisasi Kitabisa.com Dalam Meningkatkan Citra Perusahaan Communication. 10(2), 71–76.
    Sugiyono. (2018). Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan. Revista de Química, Vol. 9, pp. 1–14.