Main Article Content
Abstract
Loyalitas merupakan aset penting bagi perusahaan dalam upaya menjaga hubungan dengan konsumen, dan kelangsungan hidup suatu bisnis. Loyalitas merek hadir sebagai solusi untuk meningkatkan keunggulan bersaing bagi berbagai bisnis baik produk maupun jasa. Perusahaan semestinya memberikan perhatian yang lebih baik dengan memahami konsumen secara komprehensif meliputi dimensi emosional maupun rasional. Tujuan utama dari makalah ini adalah untuk membangun model loyalitas merek, dengan melibatkan variabel pengalaman merek dan kepercayaan merek. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang berasal dari kajian pustaka yang menyatakan pengalaman merek dan kepercayaan merek merupakan prediktor penting bagi peningkatan loyalitas merek. Namun hasil studi literatur menemukan bahwa terdapat perbedaan pendapat mengenai pengaruh pengalaman merek terhadap loyalitas merek. Hasil penelitian menunjukan kepercayaan memiliki peran penting bagi peningkatan pengalaman merek dan loyalitas merek, oleh karena itu diusulkan sebagai variabel mediasi. Makalah ini merupakan tinjauan penelitian tentang loyalitas merek selama 10 tahun terakhir, sehingga diharapkan dapat bermanfaat bagi praktisi pemasaran dan peneliti, akademisi yang berminat pada pengembangan loyalitas merek.