Main Article Content

Abstract









Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Nabil Mulia Motor Pagar Alam. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian asosiatif. Data primer diperoleh dari kuesioner yang dibagikan kepada 90 responden yang merupakan konsumen bengkel Nabil Mulia Motor. Data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan (buku-buku dan literatur yang relevan) dan data penjualan servis kendaraan. Dari hasil analisis diperoleh nilai korelasi sederhana sebesar 0,543. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara variabel relationalship marketing (X) terhadap loyalitas pelanggan (Y) pada Bengkel Nabil Mulia Motor Kota Pagar Alam. Berdasarkan nilai konstanta sebesar 18.342 dapat diartikan bahwa jika tidak ada variabel relationalship marketing (X) maka loyalitas pelanggan (Y) pada Nabil Mulia Motor Pagar Alam sebesar 18.342. Hasil uji t diperoleh nilai sig = 0,000. Karena nilai sig = 0,000 < 0,05 berarti Ada pengaruh relationship marketing terhadap loyalitas pelanggan pada Bengkel Nabil Mulia Motor Pagar Alam.









Keywords

Relationship Marketing Loyalitas Pelanggan

Article Details