Main Article Content

Abstract





Bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kembali kepada masyarakat dalam bentuk kredit guna meningkatkan taraf hidup masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penyebab kredit bermasalah dan mengetahui strategi yang digunakan dalam mengatasi kredit bermasalah. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyebab kredit bermasalah berasal dari faktor eksternal dan juga dari faktor internal. Faktor eksternal meliputi: bencana alam, peraturan pemerintah dan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Faktor internal dari pihak bank yaitu: kelemahan analisa kredit, bank terlalu ekspansif, riwayat nasabah, selama ada agunan, realisasi kredit tidak tepat waktu, plafon kredit tidak sesuai kebutuhan, dan upaya yang dilakukan pihak bank untuk menyelamatkan kredit bermasalah yaitu penjadwalan ulang, rekondisi, restrukturisasi.





Keywords

Bank NPL KInerja Keuangan

Article Details