Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan minat belajar siswa  dengan menggunakan model pembelajaran aktif, inovatif, lingkungan, kreatif, efektif dan menarik terhadap minat belajar siswa Bustanul Athfal Aisyiyah Purwosari Secang.


Subyek penelitian ini adalah siswa Bustanul Athfal Aisyiyah Purwosari yang berjumlah 24. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode tes yang digunakan untuk mengetahui seberapa jauh minat belajar siswa.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa dalam mengikuti pembelajaran meningkat dengan penerapan Model Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, dan Menarik di Bustanul Athfal Aisyiyah Purwosari Secang. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan saat pre test pada kriteria berkembang sangat baik mencapai hasil 41,6% pada criteria berkembang sesuai harapan, hasil 37,5% pada criteria mulai berkembang, hasil 12,5% belum berkembang, hasil 8,3% dan pada siklus terakhir kriteria berkembang sangat baik mencapai 83,3%, kriteria berkembang sesuai harapan sejumlah 16,6%.

Article Details