Main Article Content
Abstract
Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Menurut HAMKA (Kajian Atas Tafsir Al Azhar Qur’an Surat An Nisa’ Ayat 36-38). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat An Nisa ayat 36-38 dalam tafsir Al Azhar karya HAMKA, mengetahui penafsiran surat An Nisa’ ayat 36-38 dalam tafsir Al Azhar karya HAMKA, dan mengetahui implementasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam surat An Nisa ayat 36-38 menurut tafsir Al Azhar karya HAMKA. Penelitian ini merupakan penelitan library research (kajian pustaka), jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif-deskriptif berupa kata-kata, dengan pendekatan hermeunetika. Metode pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan buku-buku, jurnal, karya ilmiah yang relevan dengan permasalahan, kemudian analisis data dilakukan dengan menggunakan metode analisis (tahlili) yang digunakan untuk mencari kandungan al-Qur’an surat An Nisa’ ayat 36-38 tentang nilai-nilai pendidikan karakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan karakter merupakan pendidikan nilai yang bertujuan untuk membentuk pribadi, watak, dan budi pekerti seseorang agar memiliki karakter yang baik, yang dibina sepanjang hidup dan dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari yang berlandasan pada nilai-nilai budaya bangsa dan agama yang bersumber dari al-Qur’an. Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat An Nisa’ ayat 36-38 menurt HAMKA dalam tafsir Al Azhar jika dikaitkan dengan nilai-nilai pedidikan karakter menurut sisdiknas meliputi nilai religius, nilai jujur, nilai demokratis, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut dapat di implementasikan kedalam diri peserta didik dengan cara pengajaran, pembiasaan, dan keteladanan yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari oleh orang tua di rumah, guru di sekolah, dan lingkungan masyarakat.