Main Article Content

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah membahas tentang representasi seksualitas perempuan dalam iklan judi online. Saat ini masih banyak iklan yang merepresentasikan seksualitas terhadap perempuan salah satunya judi online. Iklan judi online kali ini menguatkan sebuah mitos bahwa perempuan hanya dijadikan sebagai pajangan dan pengikat para lelalki. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode semiotika Roland Barthes. Setelah dilakukan penelitian dengan mengkaji iklan judi online pada streaming ilegal film, iklan ini menunjukkan representasi seksualitas dengan memakai perempuan sebagai pajangan dan pengikat para lelaki yang mengunjungi streaming ilegal film.

Keywords

Representasi Seksualitas Judi Online Perempuan Streaming Film Ilegal

Article Details

References

  1. Adidjaja, N., Irawan, Y. R., Zhang, K., Chandra, A. S., & Cahyani, C. E. (2023). Efek Perjudian Online Terhadap SDM Indonesia. Nomos: Law Review, 1(1).
  2. Anugerah, M. R., Nurseto, A., & Jati, A. N. R. H. H. (2022). Representasi Sensualitas Tubuh Perempuan pada Iklan Softener So Klin. Jurnal Audiens, 3(4), 208–216.
  3. Bisri, A. K. (2020). Analisis Semiotik Ferdinand De Saussure pada Iklan Rokok Class Mild (Act Now) Tahun 2013 di Youtube. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Komunikasi, 1(2).
  4. Hartley, J. (2003). A Short History of Cultural Studies. SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.4135/9781446216934
  5. Lantowa, J., Marahayu, N. M., & Khairussibyan, M. (2017). Semiotika: Teori, Metode, dan Penerapannya dalam Penelitian Sastra. Deepublish.
  6. Laughey, D. (2007). Key themes in media theory. McGraw-Hill Education (UK).
  7. Noor, F., & Wahyuningratna, R. N. (2017). Representasi sensualitas perempuan dalam iklan new era boots di televisi (kajian semiotika Roland Barthes). IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 1–9.
  8. Prawida, H. A., Wirawanda, Y., & Kom, S. I. (2022). Representasi Ketidakadilan Gender Perempuan Dalam Iklan Shopee. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
  9. Putri, A. P. (2014). Representasi citra perempuan dalam iklan shampoo Tresemme Keratin Smooth di majalah Femina. E-Journal Ilmu Komunikasi, 2(2), 104–115.
  10. Rahayu, M., & Agustin, H. (2019). Representasi Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Di Situs Berita Tirto.Id. Jurnal Kajian Jurnalisme, 2(1). https://doi.org/10.24198/kj.v2i1.21321
  11. Rathus, S. A., Nevid, J. S., & Fichner, L. (2009). Human Sexuality in a World of Diversity. Pearson.
  12. Sibarani, A. (2023). Tinjauan Penegakan Hukum Terhadap Pemasangan Iklan Slot Judi Online pada Platform Digital Live Streaming pada Masa Pandemi Covid-19 Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Universitas Kristen Indonesia.