Main Article Content

Abstract

Jurnal ini membahas pelanggaran etika dalam iklan Indonesia, dengan fokus khusus pada iklan televisi untuk pemutih pakaian Vanish. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan menemukan adanya pelanggaran etika dalam iklan Vanish, seperti klaim yang tidak dapat dibuktikan secara ilmiah dan strategi persuasif yang manipulatif. Studi ini merekomendasikan penelitian lebih lanjut untuk mengeksplorasi respon masyarakat terhadap pelanggaran etika dalam iklan televisi.

Keywords

Pelanggaran Etika Pariwara Indonesia Iklan Televisi Pemutih Baju

Article Details

References

  1. Abidah, R. (2019). Etika Bisnis Islam Iklan Televisi Susu Kental Manis Frisian Flag Ditinjau Dari Segi Kesehatan.
  2. Alif Gifari, F., & Isnaen Fadilla, Q. (2022). Civilia : Analisis Pelanggaran Etika Periklanan pada Iklan mouthspray Cooling 5 versi “Redakan Rasa Sakit Pada Gigi” (2020) berdasarkan Etika Pariwara Indonesia (EPI). Jurnal Kajian Hukum Dan Pendidikan Kewarganegaraan , 1. http://jurnal.anfa.co.id
  3. Astuti, Y. D. (2016). MEDIA DAN GENDER (Studi Deskriptif Representasi Stereotipe Perempuan dalam Iklan di Televisi Swasta). Profetik: Jurnal Komunikasi, 9(2), 25. https://doi.org/10.14421/pjk.v9i2.1205
  4. Ayu, S. M. (2016). Etika Periklanan Indonesia Dari Segi Teorikritis. Restorica, 21, 4.
  5. Azzuhriyah, M., & Kn, J. (2023). Pelanggaran Etika Iklan Holywings Pada Media Sosial Instagram. Jurnal Ilmu Komunikasi, Sosial Dan Humaniora, 1(3), 168–176. https://doi.org/10.47861/tuturan.v1i2.409
  6. Ethics, A., Ads, E., Uv, L., & Compact, W. (2023). Achmad Shidqi Pratama Buana Firdaus. 1(3), 330–336.
  7. Fitriana, F., Soedjono, S., & Kusrini, K. (2022). Representasi ‘Kekerasan Simbolik’ dalam Foto Iklan: Studi Kasus Foto Iklan Cetak Produk Kecantikan Perempuan dalam Majalah Femina Tahun 2000. Spectā : Journal of Photography, Arts, and Media, 5(2), 83–98. https://doi.org/10.24821/specta.v5i2.6122
  8. Handayani, H., & Yahya, S. (2017). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah Volume 1, Nomor 1, Januari 2017 www.jim.unsyiah.ac.id/FISIP. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi, 1(5), 1–7.
  9. Irawanto, A., Renaldi, I., Bizaro, M. N., Setiawan, M. A., & KN, J. (2022). Analasis Isi Iklan ShopeePayLater Bareng King Nassar tahun 2022 Berdasarkan Etika Pariwara Indonesia. Jurnal Socia Logica, 1(2), 1–11.
  10. Madina, I. H., & Kumala, A. D. (2020). Eksploitasi Sensualitas Tubuh Perempuan dalam Iklan Cat Avian Versi Awas Cat Basah. Jurnal Audiens, 1(2). https://doi.org/10.18196/ja.12020
  11. Maulidya Indah Mega Saputri, & Milda Longgeita Pinem. (2022). Glorifikasi Kecantikan di Media Sosial: Studi Kasus Isu Eksploitasi Mahasiswi pada Akun Instagram @ugm.cantik. Journal of Social Development Studies, 3(1), 70–85. https://doi.org/10.22146/jsds.4446
  12. Nurlianti, N. (2021). Eksploitasi Perempuan Dalam Iklan Televisi dan Media Cetak. Jurnal Madia, 2(1), 52–64. https://doi.org/10.36085/madia.v2i1.3113
  13. Octavani, R., & Paramita, S. (2019). Tinjauan Etika Periklanan dalam Konten Kreatif (Analisis Semiotik Iklan Shopee Versi Blackpink). Prologia, 3(1), 224. https://doi.org/10.24912/pr.v3i1.6243
  14. Qalam, A., Keagamaan, J. I., Kunci, K., & Review, L. (1907). ETIKA DALAM PEMASARAN INDUSTRI : A LITERATURE REVIEW Muhammad Subhan Iswahyudi Telkom University Abstrak. 17(4), 2366–2380.
  15. Qomariyah, N. (2018). Pelanggaran Etika Bisnis. Manajemen & Bisnis Jurnal, 4(2), 45–53. https://doi.org/10.37303/embeji.v4i2.76
  16. Widuhung, S. M. (2020). Representasi Perempuan Dalam Iklan ( Tinjauan Etika Periklanan Iklan StarMaker di Televisi ). Jurnal Public Relations-JPR, 1, 91.