Main Article Content

Abstract

Penelitian ini membahas Representasi seksualitas perempuan dalam iklan celana dalam pria di akun Instagram @wowonofficial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa representasi tersebut cenderung mengarah pada objektifikasi perempuan. Iklan ini menempatkan perempuan dalam posisi lemah dengan hanya menonjolkan kecantikan, seksualitas, dan tubuh idealnya. Penelitian ini menyoroti pentingnya mempertimbangkan dimensi budaya dan perspektif filosofis dalam menganalisis representasi seksualitas perempuan dalam iklan.

 

Keywords

Representasi Seksualitas Perempuan Iklan Instagram

Article Details

References

  1. Aliefiyani, Rakhmawati Farras. n.d. “Perempuan Dalam Iklan Celana Jeans (Analisis Tekstual Semiotik Dalam Iklan Tirajeans Dan Logo Jeans).” 1–35.
  2. Aprilita, Dini, and Refti Handini Listyani. 2016. “Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Media Sosial Instagram ( Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Akun @ Mostbeautyindo , @ Bidadarisurga , Dan @ Papuan _ Girl ) Dini Aprilita Program Studi S1 Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Dan Hukum Universitas Neg.” Paradigma 04(03):1–13.
  3. Ari, Desi Rosita. 2011. “IKLAN AXE ( Studi Semiotik Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Iklan Axe Versi Axe Effect Di Televisi ).” 1–107.
  4. Fadhilah, Anas. .. 2019. “Representasi Seksualitas Dalam Akun Instagram.” 1–19.
  5. HANIFAH, UMMY. 2022. “Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Iklan Zilingo (Studi Semiotika Dengan Charles Sanders Pierce).” Interpretasi: Communication & Public Relations 2(2):74–91. doi: 10.53990/ijpik.v2i2.188.
  6. Hermawan, Herry. 2022. “Penggunaan Seksualitas Wanita Dalam Iklan Televisi.” Hybrid Advertising Journal: Publication for Advertising Studies 1(2):112–18.
  7. Indainanto, Yofiendi Indah. 2020. “Normalisasi Kekerasan Seksual Wanita Di Media Online.” Jurnal Komunikasi 14(2):105–18. doi: 10.21107/ilkom.v14i2.6806.
  8. Miragusviana, Fellyn, and Herlina Suksmawati. 2017. “Representasi Perjuangan Feminis Melawan Kekerasan Seksual Pada Perempuan Dalam AKun Instagram @indonesiafeminis.” Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique 1(1):91–99.
  9. Noor, Firdaus, and Ratu Nadya Wahyuningratna. 2017. “Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Iklan New Era Boots Di Televisi.” Ikhraith-Humaniora 1(2):1–10.
  10. Nurfaidah, Resti. 2021. “Representasi Perempuan Dalam Sastra Dan Media Sosial: Sebuah Perbandingan.” Sirok Bastra 9(2):215–32.
  11. Nyoman, Ni, Irafani Dyah, Ni Luh, Ramaswati Purnawan, and Ade Devia Pradipta. 2020. “Representasi Perempuan Dalam Iklan Susu Jahe Sido Muncul Versi Sido Susu.” E-Jurnal Medium 1(1).
  12. Putri, Ananda Alfia. 2022. “Representasi Sensualitas Wanita Pada Iklan Televisi.” Journal of Advertising and Visual Communication 3(1):36–48.
  13. Semiologi, Studi, Tentang Representasi, Seksualitas Pada, Lirik Lagu, and Kata Pengantar. 2011. “REPRESENTASI ‘ SEKSUALITAS ’ PADA LIRIK LAGU ” LAGU GITUAN ” Disusun Oleh : Ni Made Ayu Puspajayanti.”
  14. Wahyudi, Agustian Pratama. 2013. “Representasi Sensualitas Perempuan Dalam Foto Cover Majalah Dewi Edisi Maret Hingga Desember 2013.” -.
  15. Widuhung, Selvy Maria. 2020. “Representasi Perempuan Dalam Iklan ( Tinjauan Etika Periklanan Iklan StarMaker Di Televisi ).” Jurnal Public Relations-JPR 1:91.