Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konseling kelompok dengan metode mind mapping dan homework assignment untuk menurunkan kesulitan belajar.


Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni menggunakan Pretest-Posttest Comparison Group Design. Subjek penelitian dipilih secara purposive sampling . Sampel yang diambil sebanyak 12 anak terdiri dari 6 anak kelompok eksperimen dengan metode mind mapping dan 6 anak kelompok eksperimen dengan teknik homework assignment. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket kesulitan belajar. Analisis data 


yang digunakan pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan analisis Statistic Parametric One Way Anova dengan bantuan SPSS For Window versi 24.


Hasil penelitian menunjukkan bahwa konseling kelompok dengan metode mind mapping dan homework assignment berpengaruh untuk menurunkan kesulitan belajar. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji Statistic Parametric One Way Anova dengan probabilitas nilai sig. (2-tailed) 0,001<0,05. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan, terdapat perbedaan skor rata-rata angket kesulitan belajar di antara kelompok eksperimen dengan metode mind mapping sebesar 30.54% dan kelompok eksperimen dengan teknik homework assignment sebesar 30,76%. Hasil dari penelitian dapat disimpulkan penggunaan konseling kelompok dengan teknik homework assignment lebih berpengaruh untuk meningkatkan kesulitan belajar anak dibandingkan dengan teknik mind mapping.


 

Article Details