Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui besaran pengaruh sosialisasi melalui edukasi, media sosial, keterampilan komunikasi dan  insentif pajak  terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner menggunakan google form. Data dianalisis menggunakan IBM SPSS Statistics 20. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten Jember Tahun 2017-2021 yang berjumlah 4.109.741. Sampel penelitian yang digunakan sesuai dengan perhitungan rumus slovin sebesar 99,9 (dibulatkan 100) atau respondennya sebesar 100. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini adalah menggunakan convenience sampling. Variabel pada penelitian ini adalah pengaruh edukasi, media sosial, keterampilan komunikasi, insentif pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor di Kabupaten  Jember. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi tidak berpengaruh terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor. Sedangkan pada media sosial, keterampilan komunikasi dan insentif pajak berpengaruh positif terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor.

Keywords

Edukasi Media Sosial Insentif kepatuhan pajak

Article Details