Paedagogie https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie <p><strong>PAEDAGOGIE</strong>&nbsp;[ISSN Online: <strong><a title="ISSN Online" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1530746325&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">2621-7171</a></strong> &amp; Print: <strong><a title="ISSN Print" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1180425805&amp;1&amp;&amp;" target="_blank" rel="noopener">1907-8978</a></strong>]&nbsp;adalah jurnal yang diterbitkan oleh Universitas Muhammadiyah Magelang. &nbsp;Jurnal ini membahas secara khusus tentang temuan penggunaan teknik, metode, strategi, media dalam Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Mei dan November. PAEDAGOGIE telah diindeks oleh <a title="Index Dimensions" href="https://app.dimensions.ai/discover/publication?search_text=paedagogie&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search&amp;and_facet_source_title=jour.1337825&amp;search_text=paedagogie&amp;search_type=kws&amp;search_field=full_search" target="_blank" rel="noopener"><strong>Dimensions</strong></a>, <a title="Scholar Index" href="https://scholar.google.co.id/citations?user=UCUzrtcAAAAJ&amp;hl" target="_blank" rel="noopener"><strong>Google Cendekia</strong></a>, <a title="Garuda Index" href="http://garuda.ristekdikti.go.id/journal/view/12629" target="_blank" rel="noopener"><strong>Garuda</strong></a>, dan <a title="Index Crossref" href="https://search.crossref.org/?q=paedagogie" target="_blank" rel="noopener"><strong>Crossref</strong></a>.</p> en-US [email protected] (Arif Wiyat Purnanto) [email protected] (Andri Trismanto) Wed, 31 May 2023 14:06:53 +0000 OJS 3.1.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peningkatan Prestasi Belajar Dengan Model Problem Based Learning Materi Skala Pada Siswa Kelas V https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8843 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan menggunakan model <em>Problem Based Learning (PBL)</em> pada materi Skala siswa kelas V SD Kanisius Totogan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif sehingga dapat menggambarkan data tentang nilai prestasi belajar siswa berupa hasil tes evaluasi yang dilakukan diakhir pembelajaran. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa pada pra siklus ketuntasan belajar siswa hanya 28,6% dengan nilai rata-rata 59,5. Kemudian pada pelaksanaan siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 64,3% dengan nilai rata-rata 74. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 85,7% dengan nilai rata-rata 81,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning (PBL) </em>dapat meningkatkan prestasi belajar materi Skala pada siswa kelas V SD Kanisius Totogan.</p> Danang Jatmiko, Rusmawan Rusmawan, Kensi Jati Hananingrum ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8843 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Hasil Belajar Matematika pada Materi Waktu Menggunakan Alat Peraga Waginem pada Peserta Didik Kelas II https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8440 <p>Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika pada materi waktu di kelas II B MI Muhammadiyah Paremono, karena guru menggunakan metode ceramah. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menulis jam dengan alat peraga waginem (waktu pagi dan malem). Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek siswa kelas II B MI Muhammadiyah Paremono tahun pelajaran 2021/2022. Instrumen tes evaluasi akhir pada penelitian ini berupa tes evaluasi 10 soal (esai). Penelitian dilakukan sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan adalah keterampilan membaca dan keterampilan menulis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga waginem dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis sehingga hasil belajar peserta didik meningkat. Hal ini dapat dilihat dari kegiatan siklus I yang menunjukkan persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 75% dengan rata-rata kelas 87. Sedangkan pada siklus II, persentase ketuntasan belajar peserta didik sebesar 100% dengan rata-rata kelas 96. Sehingga, persentase ketuntasan belajar meningkat sebesar 25%. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga waginem dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi waktu di MI Muhammadiyah Paremono.&nbsp;</p> Afriyani Afriyani, Irham Nugroho, Minzani Aufa ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8440 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Media Strip Story untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VI https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8642 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui media strip story materi indahnya saling menghormati pada peserta didik kelas VI Semester 1 SD Negeri Wanatirta 03 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/ 2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VI SD Negeri Wanatirta 03 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dengan jumlah 24 peserta didik. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, LKPD, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian secara deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas VI SD Negeri Wanatirta 03 melalui media strip story. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan peserta didik 70,83% atau 17 peserta didik yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar 70,6 dan pada siklus II jumlah ketuntasan belajar meningkat menjadi 91,67% atau 22 peserta didik dengan rata-rata hasil belajar 83,33.</p> Athiqur Rokhaniatun ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8642 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Perubahan perilaku belajar melalui penggunaan media komik Pada Siswa Sekolah Dasar https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8789 <p>Pendidikan merupakan fasilitas dalam meningkatkan kemampuan untuk memenuhi berbagai kebutuhan. Pendidikan yang di Indonesia terdapat pendidikan formal, informal, dan nonformal. Pada penelitian yang dilakukan difokuskan kepada pendidikan formal, yaitu pendidikan sekolah dasar. Pendidikan dasar merupakan dasar pendidikan yang menjadi landasan bagi peserta didik dalam menempuh pendidikan formal yang lebih tinggi. Peserta didik pada jenjang pendidikan sekolah dasar merupakan tahapan perkembangan anak yang masih memerlukan benda-benda konkret atau pada tahap operasional konkret. Tahap ini lebih mengutakan pembelajaran yang menggunakan benda-benda konkret atau nyata, sehingga peserta didik akan mendapatkan pembelajaran yang bermakna. Pembelajaran pada tahap operasional konkret memerlukan media yang memfasilitasi peserta didik dalam belajar, terutama pada penggunaan kecerdasan gambar-ruang atau visual-spasial. Kecerdasan ini dapat dibangun melalui pembelajaran yang menggunakan media bergambar dan mempunyai makna. Apabila media yang digunakan tidak sesuai maka akan terjadi kendala atau permasalahan yang direncanakan. Penelitian yang dilakukan akan mengetahui perubahan perilaku saat pembelajaran menggunakan komik yang ada di SDN Nagrog, Kabupaten Bandung. Metode penelitian yang dilakukan yaitu menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Elliot yang memiliki beberapa siklus pelaksanaan. Hasil penelitian yang dihasilkan yaitu terdapat perubahan tingkat laku peserta didik yang dilihat dari hasil belajar siklus I, siklus II, dan siklus III. Setiap tahapan memiliki tingkat hasil belajar yang membaik, dan kondisi kelas yang kondusif dan aktif. Oleh karena itu, penggunaan komik secara berkala pada materi di kelas dasar sangat efektif dalam mengubah perilaku peserta didik, sehingga hasil belajar akan meningkat.</p> Sunandie Eko Ginanjar, Sutinah Sutinah, Ginanjar Agung Jatmiko, Hari Hermawan ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8789 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV SD Kanisius Totogan https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8895 <p>Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa menggunakan model pembelajaran <em>Problem Based Learning (PBL)</em> untuk siswa kelas IV SD Kanisius Totogan. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus dengan empat tahapan, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif sehingga dapat menggambarkan data tentang kemampuan berpikir kritis siswa berupa hasil tes evaluasi yang dilakukan diakhir pembelajaran. Dari hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa pada pra siklus ketuntasan belajar siswa hanya 14,8% dengan nilai rata-rata 57,4. Kemudian pada pelaksanaan siklus 1 ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 44,4% dengan nilai rata-rata 71,9. Selanjutnya pada pelaksanaan siklus 2 persentase ketuntasan belajar siswa meningkat menjadi 66,7% dengan nilai rata-rata 82,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning (PBL) </em>dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Kanisius Totogan.</p> Dian Wicaksanti ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8895 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas IV https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8640 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Kedungoleng 05 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students <em>Teams Achievement Division)</em> pada materi beriman kepada malaikat Allah. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik IV SDN Kedungoleng 05 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes saat PH (Penilaian Harian) dan menjadikannya kelas dengan rata-rata nilai Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti rendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, LKPD, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian secara deskriptif menunjukkan peningkatan hasil belajar peserta didik kelas IV SDN Kedungoleng 05 Kecamatan Paguyangan Kabupaten Brebes melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi beriman kepada malaikat Allah. Peningkatan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pada setiap siklus. Pada siklus I, ketuntasan peserta didik 70% atau 12 peserta didik yang tuntas dengan rata-rata hasil belajar 68,52 dan pada siklus II jumlah ketuntasan belajar meningkat menjadi 94% atau 16 peserta didik dengan rata-rata hasil belajar 85,29.</p> Solahudin Solahudin ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8640 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Kelas III Menggunakan Model Pembelajaran PBL dengan Berbantuan media PPT https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8904 <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran <em>Problem Based Learning</em> (PBL) menggunakan media <em>Power Point</em> (PPT). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III tahun ajaran 2022 sebanyak 26 siswa. Data hasil belajar diperoleh dari tes evaluasi, data hasil belajar dianalisis dengan metode deskriptif kuantitatif, dan hambatan yang ditemui dalam penelitian dianalisis dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang telah dilaksanakan diperoleh data bahwa pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa 42,30% dengan nilai rata-rata 68,61. Selanjutnya pada siklus I persentase ketuntasan hasil belajar 69,24% dengan nilai rata-rata 77,11%, pada siklus II persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 88,47%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar tematik siswa kelas III dengan berbantuan media PPT dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran.</p> Nanda Mutiara Sejati ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8904 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui Strategi Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Make A Match https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8641 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Semester 2 SD Negeri Jatibarang Kidul 01 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif learning tipe make a match pada materi mengenal nama Allah dan kitab-Nya. Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V Semester 2 SD Negeri Jatibarang Kidul 01 saat PH (Penilaian Harian) dan menjadikannya kelas dengan rata-rata nilai Pendidikan agama Islam dan budi pekerti terendah. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tahapan penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Data penelitian diperoleh melalui tes tertulis, observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil analisis penelitian secara deskriptif menjunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelas V Semester 2 SD Negeri Jatibarang Kidul 01 melalui model pembelajaran kooperatif tipe make a match pada materi mengenal nama Allah dan kitab-Nya. Peningkatan aktivitas dan hasil belajar dapat diketahui melalui hasil evaluasi pada setiap siklus. Aktivitas guru dan siswa mengalami peningkatan pada siklus 1: 2, 67 dengan persentase 66,67%, siklus 2: 3,56 dengan persentase 93,55%. Dan hasil observasi aktivitas siswa selama pembelajaran meningkat pada nilai rata-rata siklus 1: 2,5 dengan persentase 60,42%, siklus 2: 3,67 dengan persentase 91,67%. Pada siklus I, yang tuntas 15 siswa dari 26 siswa dengan persentase ketuntasan yaitu 58% dan untuk siklus 2 yang tuntas 24 siswa dari 26 siswa dengan persentase ketuntasan belajar 92%.</p> Syochibul Ashar ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8641 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Peningkatan Konsentrasi Belajar Pembelajaran Tematik Menggunakan Model Problem Based Learning Kelas II https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8880 <p>Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, mulai dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas II SD Kanisius Totogan pada pembelajaran tematik menggunakan model pembelajaran <em>problem based learning</em>. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II SD Kanisius Totogan sebanyak 20 orang yang terdiri dari 11 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan wawancara. Data dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan konsentrasi belajar siswa meningkat pada pembelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran <em>problem based learning</em>. Konsentrasi belajar siswa mengalami peningkatan pada prasiklus (39,5%) rendah, siklus I (49,5%) sedang, dan siklus II (82,75%) sangat tinggi.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>konsentrasi belajar, tematik, <em>problem based learning</em></p> Tika Nursolehatun ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8880 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik IPA SD https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8879 <p>Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar tematik IPA menggunakan model pembelajaran <em>problem based learning</em> siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kanisius Totogan dengan melibatkan 28 siswa kelas V. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas menggunakan 2 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa meningkat disetiap siklus. Persentase ketuntasan hasil belajar sebelum penerapan siklus 1 (pra siklus) adalah sebesar 46,4% dengan nilai rata-rata 72,0. Kemudian, terjadi peningkatan sebesar 28,6% atau berada pada presentase 75% dengan nilai rata-rata 80,2 pada siklus I dan kembali meningkat pada siklus 2 dengan presentase 85,7% dengan nilai rata-rata nilai sebesar 85,2. Perolehan presentase beserta nilai rata-rata tersebut menunjukkan peningkatan yang signifikan pada hasil belajar tematik IPA siswa kelas V SD Kanisius Totogan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong><em>problem based learning</em>, hasil belajar, tematik, IPA</p> Maya Guita Mawar, Rusmawan Rusmawan, Kensi Jati Hananingrum ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8879 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000 Upaya Meningkatkan Kinerja Guru melalui Supervisi Edukatif Kolaboratif Secara Periodik pada Guru Pendidikan Agama Islam https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8643 <p>Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, melaksanakan tindak lanjut penialain prestasi belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada guru PAI SMP/SMK/SMA Kecamatan Tanjung Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dan dilaksanakan dua siklus dengan tahapan persiapan tindakan, pelaksanaan tindakan, pemantauan dan evaluasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif model kolaboratif. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis kualitatif dan kuantitafif. Analisis kualitatif digunakan untuk menjelaskan perubahan perilaku guru dalam pembelajaran dan perilaku supervisor dalam melaksanakan supervisi guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan adanya supervisi teman sejawat dan edukatif kolaboratif dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar dan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.</p> Rohmat Rohmat ##submission.copyrightStatement## https://journal.unimma.ac.id./index.php/Paedagogie/article/view/8643 Wed, 31 May 2023 00:00:00 +0000