Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar melalui penerapan model pembelajaran TGT (Teams Games Tournament). Penelitian yang dilakukan termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis & Taggart. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Bulusari 2 Kabupaten Brebes dengan melibatkan 42 siswa kelas IIIA. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus 1 terjadi peningkatan motivasi belajar siswa. Pada siklus 1, motivasi belajar siswa mencapai 72% dan pada siklus 2 meningkat kembali menjadi 93,55%. Peningkatan motivasi belajar juga dibarengi dengan peningkatan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar pada Siklus 1 yaitu dengan ketuntasan belajar mencapai 55%, meningkat pada siklus 2 menjadi 92%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model tersebut dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PAI.